Keuntungan Saat Kamu Menjadi Mahasiswa Sekolah Kedinasan

Saat ini pilihan beberapa kampus mengenai dunia perkuliahan sangatlah beragam. Mulai dari fasilitas yang di tawarkan, kualitas dari kampus tersebut, benefit, serta jurusan yang ada banyak di tawarkan sehingga manarik para minat pengunjung. Tapi ada pula beberapa kampus yang menyediakan beasiswa untuk kamu yang kurang mampu.

Tentu kesempatan ini juga datang untuk kamu yang berprestasi. Dalam memilih kampus pun kmamu perlu tahu bahwa kamu akan mendapatkan relasi perusahaan mana yanga di salurkan oleh kampus kamu. Karna dalam memilih kampus pun kamu harus perhatikan bagaimana prospek kedepannya yang akan akamu dapatkan.

Sekolah Kedinasan Adalah Solusinya

1. Ilmunya yang khusus serta spesifik
   Di sekolah kedinasan ini, ilmu yang kamu pelajari adalah ilmu yang spesifik yang jarang atau bahkan tidak ada di sebuah perguruan tinggi lain. Misalkan ilmu yang mengenai tentang pemasyarakatan yang hanya ada di AKIP, ilmu persandian yang cuma bisa ada di STSN, prakiraaan cuaca serta dalam penginderaan jauh yang didalami jurusan Meteorologi di STMKG, jurusan Air Traffic Controller yang hanya ada di sekolah STPI, jurusan Manajemen Transportasi Perkeretaapian yang tersedia di kampus API, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.  Dan tentunya ilmu khusus atau spesifik inilah yang pada nantinya benar-benar akan kamu gunakan nanti setelah kamu lulus dan bekerja. Jadi yang kamu pelajari itulah yang pada umumnya nanti kamu pakai untuk di dunia kerja

2. Punya teman yang berasal dari seluruh Indonesia

Di sekolah kedinasan kamu bisa punya banyak teman hampir dari seluruh indonesia! Mengapa? Karena sekolah kedinasan rata-rata menerima siswa didik yang berasal dari daerah seluruh Indonesia, dan peminat untuk sekolah kedinasan pun cukup banyak. Jadi saat dimana kamu sedang berada di sekolah kedinasan kamu seakan berada di sebuah miniatur suku dan budaya yang di Indonesia, karena disini adalah tempatnya orang dengan berbagai macam latarbelakang suku serta budaya. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua dan yang lainnya ada disini. Dan tentunya dengan kamu mengetahui berbagai macam budaya, karakter, dan kebiasaan orang pada suatu daerah, kelak akan mempermudah kamu untuk dapat dengan mudah berbaur dimanapun kamu akan ditempatkan untuk bertugas. Selain itu kamu juga bisa bertukar pikiran dengan orang lintas daerah dengan sudut pandang masing-masing yang berbeda sehingga pikiranmu akan lebih mudah terbuka, dan menyadari bahwa oohh ini lho Indonesia..  Dan dengan kamu punya banyak teman, kamu juga ga akan bingung kan ketika jalan-jalan dan saat nyari tempat singgah, Karena kamu punya teman yang banyak dari seluruh Indonesia dari ujung barat sampai timur.

3. Pendidikannya yang tidak hanya dari segi akademis

Pendidikan di sekolah kedinasan gak hanya mengajarkan pendidikan secara akademis loh sob. Disini selain kamu akan dituntut menjadi mahasiswa yang cerdas, kamu juga akan dituntut menjadi seorang pribadi yang berkarakter. Berkarakter yang seperti apa? Disini kamu pun juga akan dididik dari banyak sisi yaitu disiplin dan etika yang diatur secara tertulis, ada punishment bagi yang melangga peraturannya. Sehingga semakin lama kamu dalam suatu aturan yang awalnya asing bagi kita, menjadi suatu kebiasaan yang menghantarkan kita supaya menjadi pribadi yang dapat diterima oleh masyarakat kelak, baik itu di lingkungan masyarakat, maupun saat lingkungan kerja. Dan juga salah satu yang akan ditekankan disini adalah jiwa korsa atau “Komando Satu Rasa”. Jiwa korsa ini meliputi banyak hal di antaranya perasaan, solidaritas, semangat persatuan dan kesatuan terhadap suatu korps sehingga faktor-faktor jiwa korsa ini dapat meliputi rasa hormat, kesetiaan, kesadaran, dan tidak mementingkan diri sendiri maupun kepentingan golongan. Jadi disini semua taruna/i harus saling peduli dan saling mengingatkan ya, jangan misalkan kamu egois sendiri bisa sendiri terus temanmu yang lain kamu biarkan. Istilah korsa sendiri dalam budaya populer sekarang ini dapat saya ambil dari beberapa contoh di film aksi militer Black Hawk Down (2001) yang terkenal dengan istilahnya yang lain adalah “No one left behind – Jangan sampai ada yang tertinggal.”

4. Biaya pendidikannya yang…

Salah satu yang menjadi daya tarik sekolah kedinasan yaitu adalah biaya pendidikannya. Di sekolah kedinasan yang mana notabenenya berada dibawah naungan lembaga pemerintah, biaya pendidikannnya rata-rata disubsidi oleh lembaga pemerintah atau bahkan full gratis dan diberikan uang saku serta tunjangan tiap bulannya. Jadi buat kamu yang masih pengen segera mandiri dan mengurangi beban orangtua kamu apa salahnya jika kalian mencoba sekolah kedinasan.

5. Peluang kerja setelah lulus

Ini nih salah satu point yang paling penting dari sekolah kedinasan. Tidak bisa kita pungkiri juga bahwa salah satu muara dari menempuh pendidikan dari tk,sd,smp, hingga ke sma, hingga perguruan tinggi yaitu agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sangat layak dan bermanfaat bagi orang lain, atau bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan.
Peluang kerja yang di tawarkan saat setelah lulus dari sekolah kedinasan sangatlah terbuka lebar. Karena setelah lulus biasanya kamu sudah diarahkan atau diprioritaskan di lapangan pekerjaan sesuai dengan spesialisasi/jurusan yang sudah kamu tekuni. Atau bahkan ada di beberapa lembaga pemerintah yang sudah menunggu pengabdianmu.

Sekian beberapa ulasan saya tentang sekolah kedinasan. Setiap perguruan tinggi pasti memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing pada kualitasnya kok. Tergantung bagaimana  kalian dapat menyikapi dan bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi pilihan dan keputusan yang kalian ambil. Ketika kalian sudah mulai masuk suatu perguruan tinggi entah itu di perguruan tinggi negeri,swasta,atau kedinasan semuanya bagus kok, tergantung bagaimana dengan langkah kita berikutnya yang kalian ambil, serius atau malah elek-elekan.. Karena yang akan bikin klaian sukses itu bukan semata-mata karena sekolahnya saja, tapi tergantung dari usaha dan kerja kerasnya diri kalian sendiri juga hehe..